Jumat, 21 Desember 2012

Ini Dulu, Baru Itu


Bisakah kita belajar menulis kalimat yang baik dan benar sebelum belajar menulis alfabet?

Belajar itu, diawali dari pokok, baru ke cabang. Namun, kebanyakan orang lebih senang mendalami ilmu aplikatif, tanpa mempelajari yang dasar terlebih dahulu. Mungkin inilah sebagian alasan, mengapa banyak orang yang tersesat dan menyesatkan.

Sebagai muslim, ilmu yang mendasar bagi kita adalah Al-Qur'an. Ia harus kita pelajari, agar setiap pernyataan, alasan, atau bahkan judgement terhadap suatu hal berlandas padanya. Contohnya, orang yang menyatakan bahwa hijab adalah budaya Arab (sehingga 'katanya' orang Indonesia tak perlu ikut-ikutan budaya negara lain), perlu dipertanyakan apakah dia telah mempelajari Al-Qur'an dengan benar atau belum. Karena jelas-jelas Allah telah berfirman dalam Q.S. An-Nuur ayat 31, bahwa perintah menutup aurat adalah untuk perempuan beriman (muslimah), tak peduli dia orang Arab, Inggris, Ethiopia, termasuk Indonesia.

Diktat, buku pelajaran, novel, atau bahkan status/note/twit di Facebook atau Twitter juga bisa menjadi bacaan untuk ladang belajar bagi kita, tapi itu adalah cabang. Apa yang pokok? Al-Qur'an.
Lalu, sudahkah Anda membaca Al-Qur'an dan maknanya hari ini barang seayat saja? :)

Semoga menjadi tamparan keras bagi kita, termasuk saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar