Senin, 24 Desember 2012

Berbagi Secuil Keterampilan


Foto Bersama Pelatihan Pembuatan Kerajinan Kain Flanel PAUD Sabilul Huda



Karya Asesoris Flanel Ibu-ibu PAUD Sabilul Huda (Bros Gulung Bunga, Bros Pita, Bros Jait Kapas, Dompet Receh/Tempat HP Berperekat)



Ibu-ibu PAUD Sabilul Huda Bersemangat Berlatih Membuat Asesoris Flanel


Alhamdulillah, hari ini terlaksana juga pelatihan pembuatan asesoris flanel di PAUD Sabilul Huda, Desa Rancamaya, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas, Jawa Tengah (lengkap :D). Meskipun kerajinan tangan dari kain flanel sudah sangat merajalela saat ini, tetapi, bagi ibu-ibu di PAUD tersebut flanel masih merupakan hal baru. Tak rugi pula jika pelatihan flanel diadakan, karena meskipun saat ini banyak produk flanel di pasaran, tetapi yang kualitasnya bagus juga tidak banyak. Setidaknya, ketika PAUD Sabilul Huda ingin merintis usaha di bidang tersebut, kualitas produk harus dinomorsatukan.

Saya bukanlah ahli di bidang per-flanel-an, hanya memiliki pengalaman membuat beberapa kerajinan tangan dari kain flanel, sehingga Ustadzah Tri (pengelola PAUD Sabilul Huda) mempercayai saya untuk melatih para ibu wali murid PAUD tersebut. Dan hari ini, Senin 24 Desember 2012, merupakan pertemuan pertama kami. Alhamdulillah, ibu-ibu yang mengikuti pelatihan berjumlah 8 orang, meskipun jumlah seluruh wali murid sebenarnya ada 25 orang. Tetap ambil positifnya--semakin sedikit peserta, semakin efektif sebuah pelatihan.

Janjinya pun dimulai jam 8, dan saya sudah berusaha on time. Tapi namanya juga ibu-ibu, pasti banyak urusan rumah tangga di pagi hari, jadilah acara baru dimulai jam 9 pagi. Pelatihan dilakukan dari asesoris flanel termudah dulu, yaitu bros pita. Kemudian meningkat ke bros bunga gulung, bros jait isi kapas, dan dompet berperekat. Ibu-ibu pun berhasil membuat karya-karya tersebut dengan baik. Meski mereka baru pertama kali membuat kerajinan dari kain flanel, namun karya mereka sudah cukup bagus dan kreativitas mereka sudah terlihat.

Insya Allah, ke depannya, pelatihan ini akan dilaksanakan pada minggu terakhir setiap bulannya. Dan semoga, kelompok kecil ini dapat menjadi embrio untuk kelompok usaha flanel, yang memberdayakan para ibu rumah tangga di Desa Rancamaya. Bismillah, semoga Allah mengizinkan.

Saya sendiri, sebagai pihak yang dipercaya melatih para ibu, merasa senang terlibat dalam kegiatan ini. Saya sangat senang melihat para ibu antusias ketika memotong kain flanel, menempel, menjahit, hingga berfoto bersama di akhir pelatihan hari itu--meski diiringi teriakan-teriakan dan keributan yang dibikin oleh para balita PAUD yang merupakan puta-putra putri para ibu ^_^. Ternyata, hobi yang juga saya gunakan sebagai ajang mencari uang saku selama kuliah bisa bermanfaat saat ini, yang notabene telah lulus dan tengah dalam masa kerja. Di sinilah kesempatan saya untuk berbagi dengan orang lain, meskipun apa yang saya bagikan tidak seberapa. Hanya secuil :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar