Rabu, 18 September 2013

5 Kantor yang Tambah Rame Saat Musim CPNS (Bukan) Versi On The Spot

Antrean di Ruang SKCK di Sebuah POLRES

Indonesia memang negara yang kaya musim. Dari musim hujan, musim kemarau, musim duren, musim rambutan, sampai musim CPNS, hhe. Lagi happening banget nih yang satu ini, terutama buat kaum pendamba pekerjaan tetap dengan jaminan pensiun, hehehe. Saking happeningnya 4 huruf ini, berimbas pula pada kantor-kantor di daerah-daerah, terutama yang ngelayanin orang-orang yang mau melengkapi persyaratan buat daftar. Info ini penting juga nih, biar yang lagi mau ngurus persyaratan CPNS bisa menyiapkan fisik dan mental untuk menghadapi kenyataan saat datang ke kantor-kantor tersebut, hehe, serem amat. Kantor apa aja sih kira-kira? Yuks, cekibrot!

1. POLRES (Kepolisian Resor)
Yup, kagak salah lagi kalau kantor yang satu ini jadi tambah rame ketika musim daftar CPNS tiba, khususnya di bagian pembuatan SKCK. Bahkan, antrean bisa sampai membludag melebihi antrean warga yang mau ambil BALSEM, eh BLSM. Ada yang bikin baru, memperpanjang, dll. Perlu diketahui ya buat yang mau bikin SKCK baru, wajib bawa foto ukuran 4 x 6 berwarna 5 lembar sama KTP. Jangan lupa nanti di sana ngisi formulir & foto sidik jari. Buat yang mau memperpanjang, cukup bawa SKCK lama atau fotokopiannya yang udah dilegalisir. Buat jaga-jaga bawa foto juga deh. Jangan lupa juga, semua ada biaya, jadi bawa duit ya :).

2. DINSOSNAKERTRANS (Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi)
Salah satu kantor dinas yang singkatannya lumayan panjang ini merupakan kantor yang juga tambah rame di kala musim CPNS tiba. Hal ini dikarenakan salah satu persyaratan CPNS yang paling umum adalah kartu kuning. So, buat yang belum pernah bikin, mereka akan berbondong-bondong ke DINSOS bla3 (males ngetik saking panjangnya nama tu dinas hihi) buat bikin tu kartu kuning. Dan buat yang udah bikin, biasanya dateng buat absen alias minta tanda tangan petugas di kolom laporan. Buat yang mau bikin kartu kuning, kalo nggak salah cukup bawa fotokopi KTP, foto 3 x 4 hitam putih 2 lembar, sama fotokopi ijazah atau SKL yg udah dilegalisir. Buat yang mau absen sih, tinggal bawa kartunya sama bilang ke petugas aja kalo mau absen.

3. DINDUKCAPIL (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil)
Widih, kantor yang satu ini juga ternyata nggak kalah rame loh saat musim CPNS tiba. Rata-rata, mau legalisir Akte Kelahiran, KTP, sama KK. Maklumlah, persyaratan CPNS juga lumayan ribet sampe legalisir identitas diri juga. Kalau yang satu ini si gampang pisan. Pelamar cukup ngasih berkas yang mau dilegalisir, trus nunggu sampai dipanggil deh. Gratis tis tis :D

4. Kantor Pos
Selain emang tiap hari rame, kantor pos juga semakin rame dengan kedatangan para pelamar yang mau ngirim lamarannya ke masing-masing instansi yang buka CPNS-an. Biasanya akan dikenakan biaya khusus tuh buat ngirimnya. Kalau tarif biasanya 10 ribuan, pas CPNS jadi hampir 20 ribu. Yah, nggak papalah, demi melamar ke instansi impian, hehehe.

5. Yankes Milik Pemerintah (Kayak RSUD, Puskesmas, dll)
Memang sih, instansi yang satu ini juga hampir selalu rame karena banyaknya orang yang sakit (sedih ya T.T), instansi ini juga jadi rame kala musim CPNS tiba. Terutama buat mereka yang persyaratan melamarnya ada suruh bikin surat keterangan sehat, surat keterangan bebas narkoba, dsb. Biasanya ini yang menjadi salah satu momok bagi pelamar, karena biayanya yang lumayan menguras kantong.

Kalo menurut Nena Atha si begitu, berdasarkan pengalaman pribadi, hehe. Karena baru kemarin nih, Nena Atha ngirim lamaran ke satu instansi dengan perjuangan melengkapi persyaratan yang berdarah-darah (haha, lebaaay ding). Saran Nena Atha si, kalo mau ngurus persyaratan gitu-gitu bisa agak jauh-jauh hari, biar nanti nggak misuh-misuh waktu ngantrenya sampe seharian, kecuali buat surat-surat yang emang diminta harus bener-bener fresh kayak surat keterangan sehat & bebas narkoba. Dan, Kalo ada yang nemu kantor lain yang juga rame pas musim CPNS, boleh dishare di kolom komen. Semoga bermanfaat. Haturnuhun..

See ya on the next post ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar