Kamis, 21 Maret 2013

Eternal: Jajanan (Kemasan) Masa Kecil Abad 20

Hmm, sore yang cerah, tidak panas, tidak dingin, sejuk. Jadi kangen sama jajanan masa kecil (gubrak :D). Ya, tiba-tiba pengen share aja tentang jajanan masa kecil abad 20, tepatnya tahun 1995an sampai 2000an. Yuks kita intip! ^_^

1. Anak Mas


Ini adalah jajanan masa kecil paling fenomenal. Rasanya umami, lebih dari enak (agak lebay emang :D). Tapi beneran enak, jajanan nomor 1 favorit saya waktu kecil. Dulu ada yang bungkusnya biru dan emas juga. Tapi yang paling enak memang yang warna merah. Sekarang udah jarang banget yang jual anak mas klasik ini. Ada yang pernah jual, tapi pas saya pesen gak ada kabar jadi jualan apa gak -_-. Dulu saya beli 250an perak. Pengen lagiii T_T

2. Mie Krip Krip


Wah, ini nih jajanan fenomenal lainnya. MIE KRIP KRIP. Widih, yang ini juga umami banget rasanya. Murah banget lagi. Dulu saya pernah menjumpai masa di mana satu bungkus Mie Krip Krip cuma Rp 50! Kalo jaman sekarang, uang 50 perak aja udah gak ada bentuknya, dulu bisa dapet jajanan ini sebungkus (meskipun cuma sekali hop langsung abis, hehe).


3. Tini Wini Biti


Ada lagi nih Tini Wini Biti. Yang ini agak mahalan sih, biasanya yang beli anak-anak kaum elite sosialita gitu (cieh, bahasanya :D). Gak kayak Anak Mas yang lebih sering saya beli, kalau Tini Wini Biti cuma saya beli kalau dikasih uang jajan lumayan banyak sama ibu. Kadang harus nunggu momen pergi bareng ortu atau pas lebaran, hehehe. Snack ini juga lumayan umami. Ada banyak rasa juga, yang paling enak yang rasa sapi panggang, heheee.

4. Mie Remez


Kalau ini udah agak hampir 2000an, gak seklasik Anak Mas maupun Mie Krip Krip. Tapi rasanya tetep ngangenin juga, apalagi sekarang udah gak ada. Kalo Anak Mas dan Mie Krip Krip jaman jajanan merakyat, kalau mie remez udah masuk jaman jajanan menengah (apasih), ya maksudnya udah masuk harga rata-rata 500 per bungkus gitu, hehe.

5. Chiki Balls (versi klasik)

Kalo yang ini masih ada sampe sekarang, cuma ganti tampilan kemasan. Sebenarnya rasanya nggak terlalu khas, tapi yang khas itu adalah hadiahnya, tazos. Dulu anak-anak pada rame banget tuh banyak-banyakan ngumpulin tazos, sampe ditumpuk-tumpuk. Saya sih waktu itu gak ikut-ikutan, soalnya chiki balls juga termasuk jajanan anak-anak elite sosialita alias harganya lumayan mahal :P

6. Kerupuk Jengkol


Kalau ini sebenernya agak kontroversial, karena ada yang gak suka. Tapi saya suka, banget malah. Kalau dulu, bungkusnya gak kayak di gambar ini, tapi rasanya sama. Hmm, sensasi jengkolnya itu, mantapks! :D

Segitu dulu postingan kali ini, nanti saya share lagi deh jajanan masa kecil yang non kemasan (bukan pabrikan). Ada lagikah yang punya kenangan jajanan masa kecil kemasan lain? ^_^

Referensi: pengalaman pribadi :)

4 komentar:

  1. Jajanan masa kecil saya
    BEE Bee&co [www.tokoroti.web.id]

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih? ada dari kapan itu? hehe, piss ^^v

      Hapus